Selasa, 07 Januari 2014

PRAKTEK 6 LCD 2 X 16 KARAKTER

TUJUAN:
1. Mahasiswa memahami rangkaian interface mikrokontroller dengan LCD Karakter 2 x 16
2. Mahasiswa dapat memahami program assembly untuk menampilkan data ke LCD Karakter 2 x 16
3. Mahasiswa memahami beberapa instruksi assembly dasar, MOV, Setb, Clr, dan waktu tunda.
4. Mahasiswa memahami mencetak karakter pada posisi baris dan kolom tertentu


Gambar 4.1. Rangkaian interface ke LCD Karakter 2 x16

Modul LCD Character dapat dengan mudah dihubungkan dengan mikrokontroller seperti AT89S51. LCD yang akan kita praktikumkan ini mempunyai lebar display 2 baris 16 kolom atau biasa disebut sebagai LCD Character 2x16, dengan 16 pin konektor, yang didifinisikan sebagai berikut:

Gambar 4.2. Modul LCD Karakter 2x16



Display karakter pada LCD diatur oleh pin EN, RS dan RW: Jalur EN dinamakan Enable. Jalur ini digunakan untuk memberitahu LCD bahwa anda sedang mengirimkan sebuah data. Untuk mengirimkan data ke LCD, maka melalui program EN harus dibuat logika low 0” dan set pada dua jalur kontrol yang lain RS dan RW. Ketika dua jalur yang lain telah siap, set EN dengan logika 1 dan tunggu untuk sejumlah waktu tertentu ( sesuai dengan datasheet dari LCD tersebut ) dan berikutnya set EN ke logika low 0” lagi.

Jalur RS adalah jalur Register Select. Ketika RS berlogika low 0, data akan dianggap sebagi sebua perintah atau instruksi khusus ( seperti clear screen, posisi kursor dll ). Ketika RS berlogika high 1, data yang dikirim adalah data text yang akan ditampilkan pada display LCD. Sebagai contoh, untuk menampilkan hurufT pada layar LCD maka RS harus diset logika high 1.

Jalur RW adalah jalur kontrol Read/ Write. Ketika RW berlogika low (0), maka informasi pada bus data akan dituliskan pada layar LCD. Ketika RW berlogika high 1, maka program akan melakukan pembacaan memori dari LCD. Sedangkan pada aplikasi umum pin RW selalu diberi logika low 0.
Pada akhirnya, bus data terdiri dari 4 atau 8 jalur ( bergantung pada mode operasi yang dipilih oleh user ). Pada kasus bus data 8 bit, jalur diacukan sebagai DB0 s/d DB7
Beberapa perintah dasar yang harus dipahami adalah inisialisasi LCD Character,

Function Set
Mengatur interface lebar data, jumlah dari baris dan ukuran font karakter



CATATAN:
X : Dont care
DL: Mengatur lebar data
DL=1, Lebar data interface 8 bit ( DB7 s/d DB0)
DL=0, Lebar data interface 4 bit ( DB7 s/d DB4)
Ketika menggunakan lebar data 4 bit, data harus dikirimkan dua kali
N: Pengaktivan baris
N=0, 1 baris
N=1, 2 baris
F: Penentuan ukuran font karakter
F=0, 5x7
F=1, 5x8

Entry Mode Set
Mengatur increment/ decrement dan mode geser





D : mengatur display
D = 1, display is on
D=0, display is off

Pada kasus ini data display masih tetap berada di DDRAM, dan dapat ditampilkan kembali secara langsung dengan mengatur D=1.

C : menampilkan kursor
C = 1, kursor ditampilkan
C = 0, kursor tidak di tampilkan
B : karakter ditunjukan pada kursor yang berkedip
B = 1, kursor blink

clear display
perintah ini hapus layar




POSISI KURSOR
Modul LCD terdiri dari sejumlah memory yang digunakan untuk display. Semua teks yang kita tuliskan
ke  modul  LCD  adalah  disimpan  didalam  memory ini,  dan  modul  LCD  secara  berturutan  membaca memory ini untuk menampilkan teks ke modul LCD itu sendiri.


Pada peta memori tersebut, daerah yang berwarna biru ( 00 s/d 0F dan 40 s/d 4F ) adalah display yang tampak. Sebagaimanan yang anda lihat, jumlahnya sebanyak 16 karakter per baris dengan dua baris. Angka pada setiap kotak adalah alamat memori yang bersesuaian dengan posisi dari layar. Demikianlah karakter pertama di sudut kiri atas adalah menempati alamah 00h. Posisi karakter berikutnya adalah alamat 01h dan seterusnya.

Akan tetapi, karakter pertama dari baris 2 sebagaimana yang ditunjukkan pada peta memori adalah pada alamat 40h. Dimikianlah kita perlu untuk mengirim sebuah perintah ke LCD untuk mangatur letak posisi kursor pada baris dan kolom tertentu. Instruksi Set Posisi Kursor adalah 80h. Untuk ini kita perlu menambahkan alamat lokasi dimana kita berharap untuk menempatkan kursor.Sebagai contoh, kita ingin menampilkan kata World” pada baris ke dua pada posisi kolom ke sepuluh. Sesuai peta memori, posisi karakter pada kolom 11 dari baris ke dua, mempunyai alamat 4Ah, sehingga sebelum kita tulis kata World” pada LCD, kita harus mengirim instruksi set posisi kursor, dan perintah untuk instruksi ini adalah 80h ditambah dengan alamat 80h+4Ah =0Cah. Sehingga dengan mengirim perintah Cah ke LCD, akan menempatkan kursor pada baris kedua dan kolom ke 11 dari DDRAM.

Set Alamat Memori DDRAM



 

Catatan:
A : Alamat RAM yang akan dipilih
Sehingga alamat RAM LCD adalah 000 0000 S/D 111 1111 b atau 00 s/d 7Fh

INISIALISASI
Sebelum kita dapat menggunakan modul LCD, kita harus melakukan inisialisasi dan
mengkonfigurasikannya. Hal ini dijalankan dengan mengirimkan sejumlah instruksi ke LCD. Antara lain: pengaturan lebar data interface 8 bit atau 4 bit data bus, pemilihan ukuran font karakter 5x8 atau 5x7 dan lain-lain, dengan instruksi sebagai berikut.

Init_lcd: mov r1,#00000001b ;Display clear
          call write_inst  ;EN=pulse dan RS=0
          mov r1,#00111000b ;Function set, ;Data 8 bit,2 line font 5x7
          call write_inst  ;Set bit EN=pulse dan RS=0
          mov r1,#00001100b ;Display on, ;cursor off,cursor blink off
          call write_inst  ;EN=pulse dan RS=0
          mov r1,#00000110b ;Entry mode, Set increment
          call write_inst
          ret

PERCOBAAN 1. TULIS SEBUAH KARAKTER PADA LCD KARAKTER

Pada percobaan ini, karakterA‟ akan ditampilkan pada 7 Segmen Display Untuk melakukan percobaan ini lakukan beberapa langkah sebagai berikut:
1. Pasang jumper LCD_EN, yang berfungsi untuk memberikan power supply +5V
2. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan power supply +5V
3. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan rangkaian programmer
4. Buka Program M-IDE Studio for MCS-51, sebagai editor dan compiler program
5. Ketik program berikut ini:

org 0h
      call init_LCD
start: mov R1,#80h        ; Lokasi Display RAM, Row=1 Col=1
       call write_inst
                 mov R1,#'A'     ; Cetak Karakter A
                 call write_data
                 stop: sjmp stop
          Init_lcd:
                   mov r1,#00000001b ;Display clear
                   call write_inst
                   mov r1,#00111000b ;Function set,Data 8 bit,2 line font 5x7
                   call write_inst
                   mov r1,#00001100b ;Display on,cursor off,cursor blink off
                   call write_inst
                   mov r1,#00000110b ;Entry mode, Set increment
                   call write_inst
                   ret
                   ;
write_inst:
           clr P3.6     ; P3.6 = RS =0
           mov P0,R1    ; P0 = D7 s/d D0 = R1
           setb P3.7    ; P3.7 =EN = 1
           call delay   ; call delay time
           clr P3.7     ; P3.7 =EN = 0
           ret
           ;
write_data:
           setb P3.6    ; P3.6 = RS =1
           mov P0,R1    ; P0 = D7 s/d D0 = R1
           setb P3.7    ; P3.7 =EN = 1
           call delay   ; call delay time
           clr p3.7     ; P3.7 =EN = 0
           ret
           ;
delay: mov R0,#0
           delay1:mov R7,#0fh
           djnz R7,$
           djnz R0,delay1
           ret
           ;
           end



6. Simpanlah program yang anda ketik dan beri nama : prog41a.asm
7. Pada program MIDE tersebut pilih Build /F9 atau untuk melakukan kompilasi program dar
*.asm ke
*.hex.
8. Lakukan pemrograman mikrokontroller dengan menggunakan Program ISP Software ( Lihat Petunjuk Penggunaan)
9. Lakukan pengamatan pada LED.
10. Lakukan modifikasi pada program tersebut untuk mencetak karakter lain, sesuai tabel:




PERCOBAAN 2. TULIS DELAPAN KARAKTER PADA LCD KARAKTER



Pada percobaan ini, karakterA‟ akan ditampilkan pada 7 Segmen Display Untuk melakukan percobaan ini lakukan beberapa langkah sebagai berikut:

1. Pasang jumper LCD_EN, yang berfungsi untuk memberikan power supply +5V

2. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan power supply +5V

3. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan rangkaian programmer
4. Buka Program M-IDE Studio for MCS-51, sebagai editor dan compiler program
5. Ketik program berikut ini:

$mod51
org 0h
      call init_LCD
start: mov R1,#80h ; Lokasi Display RAM, Row=1 Col=1
       call write_inst
                  mov R1,#'W'
                  call write_data
                  mov R1,#'e'
                  call write_data
                  mov R1,#'l'
                  call write_data
                  mov R1,#'c'
                  call write_data
                  mov R1,#'o'
                  call write_data
                  mov R1,#'m'
                  call write_data
                  mov R1,#'e'
                  call write_data
                  stop: sjmp stop
           Init_lcd:
                  mov r1,#00000001b ;Display
                  clear call write_inst
                  mov r1,#00111000b ;Function set, Data 8 bit,2 line font 5x7
                  call write_inst
                  mov r1,#00001100b ;Display on, cursor off,cursor blink off
                  call write_inst
                  mov r1,#00000110b ;Entry mode, Set increment
                  call write_inst
                  ret
                  ;
           Write_inst:
                  clr P3.6 ; P3.6 = RS =0
                  mov P0,R1 ; P0 = D7 s/d D0 = R1
                  setb P3.7 ; P3.7 =EN = 1
                  call delay ; call delay time
                  clr P3.7 ; P3.7 =EN = 0
                  ret
                  ;
           Write_data:
                  setb P3.6 ; P3.6 = RS =1
                  mov P0,R1 ; P0 = D7 s/d D0 = R1
                  setb P3.7 ; P3.7 =EN = 1
                  call delay ; call delay time
                  clr p3.7 ; P3.7 =EN = 0
                  ret
                  ;
           delay: mov R0,#0
           delay1:mov R7,#0fh
                  djnz R7,$
                  djnz R0,delay1
                  ret
                  ;
                  end

6. Simpanlah program yang anda ketik dan beri nama : prog42a.asm
7. Pada program MIDE tersebut pilih Build /F9 atau untuk melakukan kompilasi program dar
*.asm ke
*.hex.
8. Lakukan pemrograman mikrokontroller dengan menggunakan Program ISP Software ( Lihat Petunjuk
Penggunaan)
9. Lakukan pengamatan pada LED.
10.Lakukan modifikasi pada program tersebut untuk mencetak karakter lain, sesuai tabel:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar